TIPS: Merawat Buku



Kemarin saya berbicara tentang membaca dan buku. Kali ini saya akan memeberitahu sedikit tips untuk merawat buku.

Pernah bingung gak ‘sih kalo beli buku selesai dibaca diapain lagi? Diakui saya pribadipun bingung. Yang ada setelah selesai saya baca buku itu saya tata di rak buku. Akan tetapi, karena terlalu lama manggrok di rak buku, buku itu menjadi kusam, lecek, dan berbau. Terus kalau lecek dan kusam kita malas kan membacanya?

Nah, gimana tuh mengatasi masalah yang seperti itu? mari kita lihat.

1.      Disampul


  Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika buku disampul maka cover-nya akan tahan lama. Dengan disampul, buku tidak cepat lecek, tahan air, dan akan stay young. Saya sendiri merasa lebih aman jika buku-buku saya terlapisi sampul, lebih comfortable.

  Jika kalian mau menyampul buku, diusahakan menyampulnya dengan sampul bening atau mika. Dengan begitu judul buku tidak tertutup.


   2. Diberi Pembatas 


  Lagi enak-enak baca tiba-tiba dipanggil ibu suruh nyapu dapur, nganggu gak tuh? Tapi mau gimanapun harus tetap dikerjakan kan ya. Akhirnya kamu beranjak dan meninggalkan bukumu begitu saja. Waktu balik lagi lupa deh tadi sampai mana.

  Nah, oleh karena itu saya menyarankan agar setiap buku diberi pembatas. Apa gunanya? selain kita tidak lupa sampai halaman berapa kit abaca, buku juga tidak renggang. Contohnya, buku yang dibatasi oleh pensil, lama kelamaan buku itu akan mengikuti posisi terakhir ketika pensil terselip kedalamnya.

  Saat ini sudah banyak buku yang disertai pembatas yang datar, Sehingga kita tidak susah untuk mencarinya.

3.      Jangan Dilipat


  Agar buku tetap dalam posisi awal, selain tidak membatasi buku dengan pensil bisa juga dengan tidak melipat salah satu lembar buku. Lembar yang terlipat akan menyisakan bekas lipatan. Ini tentu akan merusak lembar.

4.      Ditata Dengan Berdiri

  Jangan tata buku dengan posisi tidur, selain tidak enak dipandang tentu akan merusak lembar demi lebar buku. Posisikan buku dengan keadaan berdiri, dengan begitu buku akan terus dalam keadaan baik.

  Nah, sekian yang dapat Cerita Ifah sampaikan. Cukup mudah bukan? Ayo jangan malas untuk merawat buku. Dengan keadaan buku yang sehat kitapun senang bila membacanya.

Komentar