Beda Huruf, Beda Makna, tapi Sama Pengucapan, Apa Itu?



Hai!




Maaf ya, Cerita Ifah telat nge-post nih, jadi minggu ini Cerita Ifah akan nge-post dua kali. Semoga kalian gak bosen deh. 

 


Sebelumnya, bahasa adalah salah satu hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita. Mulai dari berbicara, menulis, bahka mendengar pun kita menggunakan bahasa. Namun, apa kita benar-benar paham dengan bahasa kita sendiri, bahasa Indonesia?

 


Jika iya, lantas apa yang dimaksud dengan beda huruf, beda makna, tapi sama pengucapan, mungkin kalian akan langsung teringat lagi pada pelajaran bahasa Indonesia kelas 5 SD. Namun, hal ini belum banyak dibicarakan, sehingga orang-orang banyak yang masih asing dengan yang satu ini. Kamu penasaran? Sama saya juga! Hehe, sudahlah mari kita mengupas tentang..... HOMONIM, HOMOFON, dan HOMOGRAF.

 


v  Homonim




Homonim dapat dibagi menjadi 2 kata yaitu, ‘homo’ yang berarti sama atau sejenih dan ‘nim’ artinya nama. Lalu, yang dimaksud dengan homonim adalah, cara penulisannya sama, cara pengucapannya sama, tetapi beda makna. Untuk dapat memahaminya cobalah lakukan hal berikut. Minta dua orang teman mu yang bernama sama(ex : Susi) untuk menuliskan namanya. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, cara penulisannya sama, pengucapannya sama, tapi orang nya beda, inilah yang disebut homonim.



Contoh:

-           ‘Bisa’ yang berarti racun ular dan ‘Bisa’ yang berarti dapat.

-           ‘Buku’ yang berarti ruas pada bambu atau tebu dan ‘Buku’ yang berarti alat untuk menulis.




v  Homofon



Homofon juga berasala dari dua kata, yaitu, ‘Homo’ yang berarti sama atau sejenis dan ‘fon’ yang artinya bunyi. Jadi yang homofon adalah persamaan dalam bunyi. Jika ada suatu kalimat yang pengucapannya sama walau penulisannya berbeda disebut homofon. 




Contoh:

-          ‘Bank’ yang berarti tempat menyimpan uang dan ‘Bang’ yang berarti mas atau kakak laki-laki.


-          ‘Tank’ yang berarti kendaraan bersenjata yang biasa digunakan saat perang dan ‘Tang’ yang berarti alat perkakas.

 


v  Homograf




Homograf terdiri dari dua kata, yaitu, ‘Homo’ yang artinya sama atau sejenis dan ‘graf’ yang artinya tulisan. Jika, homonim beda makna dalam dua kata yang pengucapan dan penulisannya sama, homofon yang sama pengucapan walau beda tulisan, berarti homograf sama tulisan, tetapi beda cara pengucapan. Jadi, jika ada dua kata yang beda pengucapannya tetapi sama cara menulisnya itulah yang disebut homograf.




Contoh:

-          ‘Apel’ yang berarti buah dan ‘Apel’ yang berarti upacara.

-          ‘Teras’ bagian deoan rumah dan ‘Teras’ dengan pengucapan ‘te’ yang agak dihaluskan yang berarti jabatan penting dalam suatu departemen.





Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang homonim, homofon, dan homograf. Semoga dapat membantu kamu-kamu yang masih bingung dengan jenis-jenis makna kata di atas.

 

Kita di sini sama-sama belajar, jadi jika ada salah-salahnya mohon koreksiannya. Tapi, jangan khawatir, Cerita Ifah selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pembaca setianya. Terimakasih, salam hangat untuk kalian semua!!

 



Komentar