Stop Ucapkan 'Selamat natal'





Mungkin masalah ini sudah sering kita dengar. Akan tetapi teman, belum semuanya faham dengan masalah ini, lho. Mungkin sebagian besar sudah tahu, bahwa mengucapkan natal bagi seorang muslim adalah haram, tapi mengapa? Yuk mari kita bahas.



Sebelumnya, apakah teman-teman tahu arti natal itu sendiri? Natal adalah Bahasa lain dari kelahiran. Yang dimaksud natal oleh umat kristiani adalah kelahiran nabi Isa as (bagi muslim) atau yesus (bagi kristaini).


Lalu, apa masalahnya? Kalimat ‘selamat natal’ bukan hanya sekedar kata-kata selamat ulang tahun lho, teman. Dengan mengucapkan ‘selamat natal’ berarti kita mempercayai bahwa Tuhan beranak, padahal Tuhan kita (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan (cek surat Al Ikhlas : 3). Sungguh dahsyatnya ucapan ini, padahal cuma dua kata ya, tapi sudah bisa merontokkan aqidah kita di mata Allah. Astaghfirullah.


Kemudian, ‘selamat natal’ juga bisa berarti selamat beribadah kepada salib. Apakah pantas seorang muslim mengucapkan hal seperti itu. Dosa ini bahkan lebih besar dari dosa pembunuhan, meminum khamr dan dosa-dosa besar lainnya, kenapa? Karena dosa ini adalah dosa syirik, dosa terbesar yang tidak akan diampuni oleh Allah kecuali pelakunya bertaubat. Bagaimana teman, walau hanya berisi dua kata yang kita pikir sepele ternyata dosanya besar ya.


Namun, bagaimana jika ada yang mengucapkan ‘selamat natal’ dengan alasan menjaga toleransi? Toleransi memang perlu dijaga teman, tapi tidak begini caranya. Contoh toleransi yang bisa kita perbuat adalah, tidak membuat kegaduhan saat umat kristiani sedang beribadah di gereja, dan sebagainya. Dengan hal ini, kita juga bisa mengamalkan firman Allah di surat Al Kafirun : 6, yang berarti:

“Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”

Toleransi bentuk ini sudah lebih dari cukup teman. Dengan begitu kita bisa ikut menjaga perdamaian umat beragama di Indonesia ini. 


Nah, bagaimana teman, sudah tahu alasan untuk tidak mengucapkan ‘selamat natal’ bagi seorang muslim? Ternyata mengerikan ya balasannya, semoga kita terjaga dari hal-hal yang mendekatakn kita pada neraka ya teman. Aamiin.


Komentar