Cinta dan Persahabatan (Prolog)



Apa yang kau pikirkan jika mendengar cerita tentang persahabatan? Apa cerita kuno yang bercerita tentang cinta segitiga, saling berebut, lalu sama-sama mundur perlahan? Atau sahabat yang terus bersama, tiada duka yang mereka rasakan?

Jika iya, bisa jadi cerita ini lebih rumit dari cerita persahabatan siapapun, atau lebih kuno dari cerita siapapun. Entahlah, kata ‘rumit’ dan ‘kuno’ adalah kata sifat yang relatif. 

*

Seseorang bersama ku sejak dulu. Tidak ada status diantara kami -dua perempuan , entah sahabat, entah saudara. Kami terus bersama hingga waktu itu.

Ya, saat-saat yang seharusnya tidak terjadi, saat-saat yang tak bisa ku lupakan. canda tawa, seulum senyum, sudah tidak ada lagi. Hanya tumpahan air mata, derai air mata yang tak berkesudahan. Cukup, ruang kelabu itu cukup kuat bertahan di hati ku.

Saat-saat yang bahkan masih ku ingat dengan rinci detik per detiknya. Saat dia berusaha menjauh dari ku, mengatakan tidak akan pernah menemui ku lagi, tanpa penjelasan. Membuat hari ku selalu dinaungi mendung.

Aku, seorang yang seperti terputus urat tawanya. Berjalan sendiri, diam saat ditanya, mencoba untuk tertawa.

Dimulai dari hari itu.

Hari terakhir pertemuan ku dengannya. Hari yang seharusnya tidak pernah datang. Bahkan hingga bagian ini, cerita baru akan dimulai. Anggaplah ini seperti mukadimah. Tak semua mukadimah dimulai dengan canda tawa. Urusan persahabatan dan cinta bukanlah sesuatu yang mudah ditertawakan. Keduanya sama-sama rumit, keduanya sama-sama tidak bisa disalahkan.

Memahami keduanya tidaklah mudah, terkadang keduanya menjadi penting. Entalah, biarkan mereka yang memahami kita. Ikuti saja alurnya, cerita ini akan menemukan jalannya sendiri.

Cinta itu perjuangan, kita tidak akan pernah mempejuangkannya sampai kita dipaksa untuk berjuang. Dan persahabatan adalah kesetiaan, kita tidak akan setia sampai kita dipaksa untuk setia. sehingga cinta dan persahabatan adalah sebuah perjuangan dan kesetiaan.

Bersambung...

Komentar

  1. Hai kak, saya suka dengan tulisan kaka. Terima kasih sudah menginspirasi saya kak😊

    BalasHapus
  2. Aku suka dengan tulisan kk 😊

    BalasHapus

Posting Komentar