Langsung ke konten utama

Majas Perbandingan


Haloha!

Ketemu lagi nih sama Cerita Ifah! Kali ini, Cerita Ifah mau berbagi sedikit nih, tentang gaya bahasa atau yang lebih dikenal majas. Lalu, apa itu majas? Dan bagaimana pemanfaatannya? Mari kita simak di bawah ini!



v  Apa itu Majas?


Majas atau gaya bahasa adalah pemanfaatan ragam bahasa tertentu untuk mendapatkan efek-efek yang dapat menghidupkan cerita. Majas juga digunakan untuk memperoleh kesan imajinatif bagi pembaca.

v  Macam-Macam Majas


Majas ada 4 macam, ada majas perbandingan, pertentangan, sindiran, tegasan. Namun kali ini Cerita Ifah hanya akan membahas majas perbandingan. Untuk majas-majas lainnya akan segera di update.

1.      Majas Perbandingan

Adalah majas yang menyatakan perbandingan dalam menciptakan kesan yang berpengaruh bagi pembaca. Contoh:

ü  Perumpamaan.  Mengumpamakan dua benda yang berbeda, namun dianggap sama dengan menggunakan kata ‘ibarat’, ‘seperti’. Contoh: sifatnya keras ­bagaikan batu, otaknya encer seperti air, dll.

ü  Metafora. Majas jenis ini adalah ungkapkan secara langsung berupa perbandingan analogis. Contoh: dialah tangan kanan ku, perpustakaan adalah gudang ilmu. Dll.

ü  Personifikasi. Majas ini adalah majas yang membandingkan hal-hal yang tidak bernyawa menjadi seakan-akan bernyawa dan memiliki sifat selayaknya manusia. Contoh: matahari mengintip dari balik gunung itu, angin meniup rambutku, dll.

ü  Alegori adalah Menyatakan dengan cara lain, melalui kiasan atau penggambaran. Biasanya majas bentuk ini digunakan untuk sesuatu yang bermuatan moral dan dipakai untuk kalimat yang panjang. Contoh: Suami sebagai nahkoda, Istri sebagai juru mudi, dll.

ü  Simbolik adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan
mempergunakan benda, binatang, atau tumbuhan sebagai simbol atau lambang. Contoh: Ia terkenal sebagai buaya darat, rumah itu hangus dilalap si jago merah, dll.

ü  Metonimia adalah majas yang menggunakan ciri atau lebel dari sebuah benda untuk menggantikan benda tersebut.Pengungkapan ini berupa merk, atau atribut yang biasanya terdapat dalam benda tersebut. Contoh: Di kantongnya selalu terselib gudang garam. (maksudnya rokok gudang garam), setiap pagi Ayah selalu menghirup kapal api. (maksudnya kopi kapal api), dll.

ü  Sinekdok adalah majas ini digunakan untuk menyebutkan bagian untuk menggantikan benda secara keseluruhan atau sebaliknya. Majas sinekdokhe terdiri atas dua bentuk berikut, yaitu yang menyebutkan sebagian untuk keseluruhan, dan keseluruhan untuk sebagian. Contoh: hingga detik ini ia belum kelihatan batang hidungnya, dalam pertandingan final bulu tangkis Rt.03 melawan Rt. 07, dll.

ü  Simile adalah majas dengan yang pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata depan dan penghubung, Contoh: Kau umpama air aku bagai minyaknya, bagaikan Qais dan Laila yang dimabuk cinta berkorban apa saja.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta dan Persahabatan (Prolog)

Apa yang kau pikirkan jika mendengar cerita tentang persahabatan? Apa cerita kuno yang bercerita tentang cinta segitiga, saling berebut, lalu sama-sama mundur perlahan? Atau sahabat yang terus bersama, tiada duka yang mereka rasakan?

Kembali ke Swansea City, Melihat Peluang Nathan Tjoe-A-On Merumput di Inggris

  Nathan Tjoe-A-On Saat Direkrut Swansea City AFC ( www.instagram.com/swansofficial) Nathan Tjoe-A-On dipastikan akan kembali ke klub asalnya, Swansea City, setelah menuntaskan masa peminjaman di SC Heerenveen, klub kasta tertinggi liga Belanda, Eredivisie. Kepastian ini didapatkan setelah Nathan melakukan perpisahan di hadapan pendukungnya sendiri usai laga kontra Vitesse (12/5) lalu. Nathan sejatinya masih memiliki waktu sampai 30 Juni 2024 bersama klub yang berkandang di stadion Abe Lenstra tersebut. Namun, Eredivisie memang tinggal menyisakan satu pekan terakhir di musim ini. SC Heerenveen sendiri akan bertamu ke kandang Sparta Rotterdam (19/5) untuk melakoni laga pamungkas. Pemain kelahiran 22 Desember 2001 ini memang sudah tidak asing dengan atmosfer liga Belanda. Selain karena dirinya lahir dan besar di Belanda, Nathan juga sudah sempat mencicipi Eredivisie bersama Excelsior Rotterdam pada musim 2022/2023. Pemain berpostur 182 cm ini pun merupakan hasil didikan SSB Excels

Beda Huruf, Beda Makna, tapi Sama Pengucapan, Apa Itu?

Hai! Maaf ya, Cerita Ifah telat nge-post nih, jadi minggu ini Cerita Ifah akan nge-post dua kali. Semoga kalian gak bosen deh.    Sebelumnya, bahasa adalah salah satu hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita. Mulai dari berbicara, menulis, bahka mendengar pun kita menggunakan bahasa. Namun, apa kita benar-benar paham dengan bahasa kita sendiri, bahasa Indonesia?